Tips Jitu Mencegah situs WordPress dari serangan Malware

Tips Jitu Mencegah situs WordPress dari Malware – Karena populernya CMS wordpress di dunia maka tak heran jika wordpress juga merupakan CMS yang paling sering untuk diserang oleh hacker dan disisipi malware didalamnya. Sering kali para pengguna wordpress khususnya pengguna wordpress pemula menjadi sasaran karena kurang cermat dan amannya script wordpress yang digunakan baik dari sisi core wordpress, plugins dan thema.

Sebenarnya, CMS wordpress adalah CMS yang sangat aman (bahkan dapat dikatakan sebagai CMS ter-aman yang ada saat ini) untuk digunakan karena terus dilakukan perbaikan baik dari sisi keamanan dan fitur – fiturnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memastikan script wordpress yang Anda gunakan aman dan tidak mudah menjadi sasaran hacking dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Mencegah situs WordPress dari Malware

 

1. Update versi core wordpress, thema dan plugin secara reguler

Salah satu cara untuk menghindari serangan hacker pada wordpress dan wajib untuk dilakukan adalah dengan melakukan update secara reguler terhadap script core wordpress, thema dan plugin. Hal ini menjadi sangat penting dilakukan karena tidak hanya masalah keamanan saja, karena setiap versi wordpress akan dilakukan beberapa perbaikan dan penambahan fitur baru.

Sayangnya, entah karena lupa atau alasan yang lainnya banyak sekali para pengguna wordpress yang enggan melakukan update versi wordpress mereka. Baca: Mengapa Anda Harus Menggunakan Versi WordPress Terbaru

penting!!: terdapat banyak hacker yang mencari website wordpress yang menggunakan versi yang telah outdate baik core wordpress, plugins dan thema untuk menjadi sasaran hacking.

2. Jangan gunakan thema dan plugin nulled atau bajakan

Penggunaan script nulled atau dari sumber yang tidak dapat dipercaya baik thema dan plugin merupakan pintu utama terinfeksinya wordpress Anda. Semua script yang berasal dari sumber yang tidak dapat dipercaya atau script nulled/bajakan pastilah sangat tidak aman untuk digunakan, karena umumnya para pengunggahnya telah menyisipi script jahat / malware di dalamnya.

Selain itu, Anda tetap tidak dapat mendapatkan banyak keuntungan meski script tersebut aman untuk digunakan (bebas dari malware). karena secara otomatis Anda tidak akan mendapatkan versi pembaharuan dari script tersebut ke depannya. Hal ini karena wordpress terus diperbaiki baik dari sisi core dan kode – kode lainnya sehingga akan sangat besar kemungkinan script tersebut menjadi tidak kompitabel ke depannya.

Kami menyarankan agar Anda menggunakan plugin dan thema wordpress yang berlisensi open source atau gratis (terdapat ribuan plugin dan thema di direktori wordpress yang siap Anda gunakan dan gratis) atau silakan mengorder secara legal jika Anda ingin menggunakan versi yang berbayar.

3. Hosting yang tidak secure

Terdapat banyak layanan hosting murah Indonesia namun pastikan Anda tidak memilih hosting murahan. Pastikan untuk menggunakan layanan hosting yang telah menggunakan teknologi terbaru.

Seorang WordPress Developer yang sedang menekuni dunia Internet Marketing. Di Personal Blog saya ini, saya akan dengan senang hati untuk berbagi informasi-informasi mengenai WordPress secara gratis.