Mengenal wp-config.php WordPress

wp-config.php wordpress

Gambar 1: Contoh code pada wp-config.php

Jika anda menggunakan WordPress self hosted, maka anda perlu mengetahui apa itu wp-config.php WordPress?

wp-config.php adalah sebuah file yang digunakan oleh engine WordPress untuk menyimpan data-data penting untuk pengaturan website, misalnya: database dan host.

Selain itu, juga terdapat banyak pengaturan WordPress yang bisa anda set di dalam file ini. Contohnya: Pengesetan Bahasa, Penggantian Site Url, Mengaktifkan debug mode. Anda bisa mencari tau lebih banyak di sini codex.wordpress.org

Untuk menggenerate website anda, WordPress harus membaca informasi di dalam file wp-config.php. Di antara informasi tersebut ada yang paling vital dan wajib untuk sistem dapat membacanya. Berikut penjelasan mengenai pengaturan yang paling penting dan dibutuhkkan oleh WordPress pada wp-config.php

Pengaturan Database dan Host pada wp-config.php WordPress

WordPress hanya butuh 2 pengaturan ini supaya bisa jalan dengan baik, yaitu: Database dan Host. Jika di wp-config.php anda pengaturan database dan host salah, maka website anda akan error dan tidak tampil sebagai mestinya.

Saat anda menginstall WordPress pertama kali maka sistem akan otomatis membuat file wp-config.php ini di dalam direktori utama website anda.

Anda memang tidak perlu memusingkan hal ini diawal, karena semua itu sudah disiapkan oleh WordPress secara otomatis untuk anda.

Namun apa jadinya bila suatu saat anda ingin pindah hosting? atau mengganti nama database dan user-nya.

Mau tidak mau anda harus meng-edit file wp-config.php tersebut dan mengganti settingan database dan host untuk menyesuaikan hosting baru anda.

Tenang hal ini mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengedit file wp-config.php di dalam folder utama website anda menggunakan FTP atau File Manager (cPanel).

Karena itu jika anda berencana pindah hosting, pastikan anda mengetahui data database dan host di hosting baru anda nanti.

Berikut adalah contoh code pengaturan Database dan Host pada wp-config.php:

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define('DB_NAME', 'your_database_name');

/** MySQL database username */
define('DB_USER', 'your_database_user');

/** MySQL database password */
define('DB_PASSWORD', 'your_database_password');

/** MySQL hostname */
define('DB_HOST', 'your_host');

Pengaturan di atas adalah untuk menghubungkan WordPress anda dengan Hosting dan Database yang anda gunakan.

Jika data anda salah, maka WordPress tidak akan mengenali hosting yang anda gunakan.

Pastikan isi data Database dan Host dengan benar ketika anda baru saja mengganti hosting atau database anda. Semoga bermanfaat.

Seorang WordPress Developer yang sedang menekuni dunia Internet Marketing. Di Personal Blog saya ini, saya akan dengan senang hati untuk berbagi informasi-informasi mengenai WordPress secara gratis.