Cara Menghilangkan Admin Bar di WordPress

Ketika kita memiliki website WordPress yang memungkinkan pengunjung untuk mendaftar dan menjadi member, ada kalanya kita menginginkan user untuk tidak mengakses halaman dashboard/admin WordPress. Namun hal ini sulit di hindari jika admin bar muncul di bagian atas website (ketika login).

Nah, bagaimana cara menghapus admin bar ini dari tampilan browser pengunjung?

Ada cara yang sangat sederhana yaitu kita hanya tinggal menginstall sebuah plugin yang bernama “Hide Admin Bar From Non-admins”. Caranya simple, kita tinggal menginstall plugin ini, dan aktifkan. Setelah plugin ini diaktifkan maka user selain admin tidak akan bisa melihat admin bar di bagian atas.

Kurang lengkap jika hanya menyembunyikan admin bar saja. Kita juga perlu untuk membatasi akses user untuk masuk kedalam dashboard, karena saat plugin “Hide Admin Bar From Non-admins” tersebut aktif, user masih dapat masuk ke halaman dashboard melalui url. Untuk mengatasi hal ini kita harus menghinstall 1 buah plugin lagi yang bernama “Remove Dashboard Access”.

Setelah plugin “Remove Dashboard Access” terinstall, maka aktifkanlah dan lakukan sedikit pengaturan sesuai kebutuhan anda. Untuk masuk ke halaman pengaturan klik Settings->Dashboard Access. Anda dapat mengatur role apa saja yang boleh mengakses halaman dashboard. Jangan lupa klik tombol “Save Changes” untuk menyimpan setting-an anda.

menghilangkan admin bar di wordpress

Gambar 1: Setting page plugin “Remove Dashboard Access”

Ketika semua langkah diatas sudah anda lakukan, maka user selain admin tidak akan bisa lagi melihat admin bar WordPress, sekaligus juga tidak bisa lagi mengakses halaman dashboard.

Cukup sekian untuk tutorial singkat bagaimana cara menghilangkan admin bar di WordPress. Semoga bermanfaat.

Seorang WordPress Developer yang sedang menekuni dunia Internet Marketing. Di Personal Blog saya ini, saya akan dengan senang hati untuk berbagi informasi-informasi mengenai WordPress secara gratis.